PKL STMIK AKAKOM di ICS 2014

Published : 01 Oktober 2015

Dalam pengabdian kami untuk kepeduliaan generasi pelajar khususnya, kami membuka kerjasama yang seluas luasnya terhadap Universitas atau Perguruan Tinggi yang memiliki jurusan Informatika yang sesuai dengan ruang lingkup perusahaan kami sebagai pengembang sistem SIMRS myHospital. Hal ini dibuktikan dengan dterimanya peseta PKL (Praktek Kerja Lapangan) yang di kirimkan oleh beberapa kampus di Yogyakarta selama ini, dan yang terakhir adalah pada bulan Juni 2014. ICS (Intersolusi Cipta Softindo) menerima peserta PKL dari salah satu kampus terkemuka di Yogyakarta, STMIK AKAKOM. Peserta PKL tersebut terdiri dari 8 siswa yang rata-rata berada di semester 8.

Sesuai dengan aturan Universitas terkait yang mewajibkan peserta PKL harus menepuh minimal 80 jam masa training, ICS berupaya memberikan materi-materi yang sudah disusun dengan baik oleh tim ICS maupun yang dibutuhkan oleh peserta PKL guna membantu peserta PKL baik dalam memahami dunia kerja TI secara global, maupun karakteristic yang dimiliki oleh ICS sendiri.

Sheeren, salah satu peserta PKL berpendapat bahwa;

 

"Apa yang kami pelajari di kampus tidak se-complex apa yang kita hadapi di dunia kerja, terkait dengan aplikasi yang kita biasa bikin di kampus."

 

Mahasiswi yang berdomisili d Klitren Kidul Yogyakarta ini pun menambahkan;

 

Kami di kampus banyak belajar JAVA dan PHP, namun di ICS kami dapat ilmu baru dengan menggunakan C#, namun dengan instruktur yg ada di ICS kami tidak merasa kesulitan dalam membuat project atau aplikasi selama masa PKL”.

 

Ketika ditanya mengenai saran, Sheeren pun mengatakan; "lebih baiknya ICS bisa membuka kerjasama dengan kampus atau perguruan tinggi bukan hanya yang ada di Yogyakarta, namun dengan Perguruan Tinggi luar Yogyakarta pun akan lebih baik."

Dalam acara ceremonial penutupan dan pengembalian anak-anak PKL ke kampus STIMIK AKAKOM, direktur utama ICS, I Gede Kamajaya S.Kom menyampaikan bahwa;

 

"Perusahaan kami (ICS) sangat terbuka untuk anak-anak peserta didik PKL untuk belajar dan berlatih untuk kemajuan bersama. Semakin berkembangnya perususahaan kami tentu saja membutuhkan banyak programmer yang akan kami rekrut, justru dengan adanya kerjasama seperti ini (penerimaan peserta didik PKL) kami bisa melihat dan memilih secara langsung kompetensi anak-anak dari kampus atau perguruan tinggi yang bekerja sama dengan kami."

 

Praktek Kerja Lapangan kali ini berlangsung dari awal bulan Juni 2014 sampai dengan pertengahan Agustus 2014, terdiri dari 8 mahasiswa yang terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu; Coding, Networking dan Web Design. Peserta praktek kerja dipersilahkan memilih kelompok yang diminatinya. Untuk kelompok Coding, diberikan pelatihan terlebih dulu ketika awal masa praktek, yang meliputi pengenalan Konsep n-Tier Architecture,  Coding Standard dan Tools yang digunakan ICS dalam proses development, baru kemudian diberikan tugas utk men-develop program. (YP)